Minggu, 16 Juni 2013

Permasalahan Dalam Permohonan Pembuatan Paspor Baru/Perpanjang (1)


Halo sahabat, ketemu lagi dengan saya Budiarjo Mahameru, jasa paspor kilat resmi di jakarta. Kali ini saya mencoba untuk menjabarkan dan menjelaskan beberapa permasalahan yang biasa timbul dalam kepengurusan paspor baik baru maupun perpanjang. Permasalahan yang timbul ini jelas sangat menghambat dalam proses terbitnya paspor anda. Adapun permasalahan yang biasa timbul dalam kepengurusan paspor antara lain :
  1. Tertinggal dokumen asli karena lupa saat proses wawancara;
  2. Dokumen berbeda keterangan;
  3. Dokumen tidak lengkap.
Ketiga hal di atas adalah permasalahan yang paling sering timbul dalam kepengurusan paspor khususnya paspor dewasa.

1. Tertinggal Dokumen Asli
Permasalahan ini adalah yang paling sederhana, faktor lupa adalah penyebab utama dari timbulnya permasalahan ini. Maka saya menghimbau kepada para sahabat untuk sebaiknya menyiapkan semua dokumen asli dalam 1 map sehari sebelumnya.Hal ini dilakukan agar saat on the way wawancara semua sudah dapat dipastikan terbawa.

2. Dokumen Berbeda Data
Untuk permasalahan dokumen berbeda data cukup sering terjadi saat permohonan pembuatan paspor, yang mengakibatkan paspor tidak dapat diproses. Perbedaan data yang sering terjadi antara lain :
  • Perbedaan nama antara KTP, KK, Akte Kelahiran, Ijazah, Surat Nikah. Contoh di KK tertulis nama Muhamad Imron, tetapi di KTP tertulis M. Imron. Walaupun secara general kita semua mengetahui bahwa M. Imron yang tertulis pada KK adalah Muhamad Imron seperti yang tertulis pada KTP, tetapi sistem imigrasi tidak dapat membaca bahwa kedua nama berbeda itu adalah orang yang sama. 
  • Perbedaan tempat lahir
  • Perbedaan tanggal, bulan atau tahun lahir


Semua perbedaan data di atas dipastikan akan menghambat proses permohonan paspor sahabat baik baru maupun perpajang.

Untuk menyelesaikan permsalahan di atas, sahabat wajib menyamakan datanya terlebih dahulu. Jika seperti kasus di atas, nama M. Imron yang tercetak pada KK harus diubah dan disamakan menjadi Muhamad Imron seperti yang tercetak di KTP. Untuk mengurusnya sahabat dapat melakukannya di kelurahan tempat domisili sahabat.

Hal berbeda jika terjadi perbedaan/kesalahan pada akte kelahiran. Kepengurusan untuk pembetulan pada akte kelahiran cukup repot, karena saat ini segala perubahan atau pembuatan akte kelahiran dihitung telat dan wajib melalui proses pengadilan.

Untuk mensiasati perbedaan dokumen di atas, sebaiknya menggunakan dokumen yang paling banyak sama datanya.

3. Dokumen Tidak Lengkap
Dalam hal permasalahan dokumen tidak lengkap yang paling sering terjadi adalah pada orang tua2 yang ingin membuat paspor guna menunaikan ibadah haji/umroh. Dokumen yang sering tidak lengkap antara lain :
  • Tidak memiliki akte lahir atau hilang atau rusak
  • Tidak memiliki Ijazah atau hilang atau rusak
  • Surat nikah yang hilang atau rusak
Untuk kepengurusan kelengkapan dokumen yang tidak lengkap, kepengurusan akte kelahiran dapat dilakukan di Dinas Kependudukan & Catatan Sipil, kepengurusan ijazah bisa ke sekolah dan Dinas Pendidikan, sedangkan kepengurusan surat nikah bisa ke Kantor Urusan Agama dan Dinas Kependudukan & Catatan Sipil.

Demikian sedikit penjelasan dari saya semoga sedikit banyak dapat membantu sahabat dalam kepengurusan paspornya. :

biro jasa paspor

Jika anda ingin menggunakan Jasa Paspor Jakarta dari kami hubungi kami di :

1. Simpati 082114040233
2. Indosat 081617030775
3. Pin BB : 597B6F47
4. Email : budiarjo.paspor@gmail.com
5. YM : budiarjomahameru@yahoo.co.id
6. Fanpage : https://www.facebook.com/BantuBikinPasporByBudiarjoMahameru
7. Twitter @jasa_paspor
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam aliquam massa quis mauris sollicitudin commodo venenatis ligula commodo.

Related Posts

3 komentar:

  1. Ibu saya nama di paspor dan ktp kk berbeda, apa yang harus dilakukan ?

    BalasHapus
  2. kalau tanpa ijazah,tapi hanya dengan surat nikah dan surat keterangan lahir dari bidan aja,bisa?

    BalasHapus
  3. Saya cuman punya ktp dan ijazah bisa gak bikin paspor

    BalasHapus