Minggu, 30 Juni 2013

Permasalahan Pembuatan Paspor Anak (3)


Halo sahabat... sudah lama gak jumpa lagi nih, maklum jasa paspor yang saya berikan mendapat respond yang positif dari anda. maaf baru update artikelnya lg tentang permasalahan seputar pembuatan paspor anak. Maklum lagi musim liburan dan anak2 pada ngajakin liburan ke jogja.

Ok kita kembali lagi ke topik.... lanjutan permasalahan dalam membuat paspor anak


4. Surat Nikah Orang Tua Hilang/Rusak/Tidak Jelas

Dalam kasus ini agak lebih rumit penyelesaiannya, tp bukan tidak dapat diselesaikan. Hal yang paling mudah dan gampang jika surat nikah orang tua hilang/rusak/tidak jelas adalah dengan meminta surat keterangan dari KUA tempat dulu menikah. Karena mereka dipastikan memiliki arsip dokumen pernikahan tercatat yang didaftarkan disana. Untuk dapat meminta surat keterangan dari KUA biasanya dibutuhkan surat pengantar dari kecamatan. Prosedural pembuatan surat pengantar dari kecamatan tentunya sahabat harus melalui RT kemudian RW lalu ke kelurahan terlebih dahulu.


5. Orang Tua Belum Memiliki Paspor

Jika sahabat ingin membuatkan paspor untuk anak2nya tersayang yang belum memiliki ktp, tapi sahabat sendiri di sini belum memiliki paspor...maka jangan harap sahabat dapat mengajukannya. Karena salah satu syarat dalam pengajuan permohonan paspor baru untuk anak yang belum memiliki ktp adalah orang tua wajib sudah memiliki paspor terlebih dahulu. Kenapa demikian...? Jawabannya adalah karena pihak imigrasi tidak mau terjadi adanya trafficking alias perdagangan anak di bawah umur. Dan tanggung jawab sepenuhnya anak saat melakukan perjalan luar negeri adalah sang orang tua kandung sendiri. Adapun jika pada prakteknya sang anak bepergian keluar negeri bukan dengan orang tuanya, maka pihak imigrasi tidak dapat melarangnya. Pihak imigrasi hanya menekankan pada saat pembuatan paspor untuk anak, orang tuanya sudah wajib harus memiliki paspor terlebih dahulu.


Untuk penyelesaian yang paling sederhana jika sahabat ingin membuatkan paspor anaknya tp sahabat sendiri belum memiliki paspor, maka sahabat dapat mengajukannya bersama-sama dengan anak sahabat yang akan dibuatkan paspor.


Jangan lupa saat proses foto dan wawancara di kantor imigrasi semua dokumen asli WAJIB dibawa...!!!


6. Nama Si-Anak Berbeda Antara Dokumen Akte Kelahiran Dengan Kartu Keluarga

 Ada kejadian saat orang tua akan membuatkan paspor anaknya ternyata di reject by sistem imigrasi, usut punya usut ternyata nama si anak berbeda antara akte kelahiran dengan yang tertera dalam kartu keluarga. Misal hanya berbeda antara huruf "i" dengan huruf "y" dalam kasus nama anak antara DEBI dengan DEBY.


Mungkin awalnya sang orang tua tidak terlalu merisaukannya, karena hanya beda sedikit. Padahal yang seperti ini sangat fatal sekali. Bukan hanya akan sulit dalam kepengurusan dokumen kedepannya, tapi juga akan merepotkan sang anak di masa depan.


Kasus tersederhana adalah hanya berupa penyingkatan nama, misal dalam akte kelahiran tercetak Muhamad Zukon, sedangkan dalam kartu keluarga tersingkat menjadi M. Zukon. Hal ini juga menjadi masalah yang sama dikemudian hari.


Untuk itu saya menghimbau bagi para sahabat, untuk betul2 memperhatikan detail pengejaan nama, pengejaan tempat lahir, pencatatan tanggal lahir dari semua dokumen yang dimiliki atau akan dimiliki.


Jika kasus sudah terlanjur terjadi, ada perbedaan nama antara dokumen yang ada, dalam hal kepengurusan paspor masih dapat dibantu dengan menguatkannya menggunakan surat PM-1 dari kelurahan. Dalam surat tersebut tertulis perbedaan nama yang tercetak antara dokumen a & b yang benar adalah sesuai dengan dokumen a/b, dan kedua nama berbeda tersebut adalah orang yang sama. Penerbitan surat PM-1 ditujukan untuk pembuatan paspor ybs.


Nah sampai di sini dulu sahabat penjelasan singkat saya tentang beberapa permasalahan yang biasa terjadi dalam permohonan pembuatan paspor untuk anak. Jika sahabat masih ada pertanyaan, silahkan dapat menghubungi saya di :


1. Simpati 082114040233
2. Whatsap 08888727485
3. Email : budiarjomahameru@gmail.com
4. YM : budiarjomahameru@yahoo.co.id


Salam keberuntungan buat sahabat...dan selamat beraktifitas =)


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam aliquam massa quis mauris sollicitudin commodo venenatis ligula commodo.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar